Definisi dan Tipe Aktifitas Belajar
Aktivitas Belajar
a. Pengertian
Aktivitas Belajar
Menurut Poerwadarminta (2003:23), aktivitas adalah kegiatan. Belajar
menurut Dimyati dan Mudjiono (1999:7) merupakan tindakan dan perilaku siswa
yang kompleks. Menurut Sadirman (1994:24) menyatakan:"'Belajar sebagai
suatu interaksi antara diri manusia dengan lingkungan yang mungkin terwujud
pribadi, fakta, konsep ataupun teori". Jadi aktivitas belajar adalah
kegiatan-kegiatan siswa yang menunjang keberhasilan belajar yang merupakan
interaksi antara siswa dengan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam
hal kegiatan belajar, Rousseuau (dalam Sardiman 2004:96) memberikan penjelasan
bahwa segala pengetahuan itu harus diperoleh dengan pengamatan sendiri,
penyelidikan sendiri, dengan bekerja sendiri baik secara rohani maupun
teknis.
b. 8 Kelompok Tipe
Aktivitas Belajar
Paul B. Diedrich dalam
Sardiman (2004: 101) membuat suatu daftar yang berisi 177 macam
kegiatan/aktifitas belajar siswa yang digolongkan ke dalam 8 kelompok :
- Visual Activities, meliputi kegiatan seperti membaca, memperhatikan (gambar, demonstrasi, percobaan dan pekerjaan orang lain)
- Oral Activities, seperti : menyatakan, merumuskan, bertanya, memberi saran, mengeluarkan pendapat, mengadakan wawancara, diskusi, dan interupsi.
- Listening Activities, seperti : mendengarkan uraian, percakapan diskusi, musik dan pidato.
- Writting Activities, seperti : menulis cerita, menulis karangan, menulis laporan, angket, menyalin, membuat rangkuman.
- Drawing Activities, seperti ; menggambar, membuat grafik, peta, diagram.
- Motor Activities, seperti : melakukan percobaan, membuat konstruksi, model, mereparasi, bermain dan berternak.