Laman

gelembung

Little Bunny


Kamis, 29 November 2012

Definisi dan Tipe Aktifitas Belajar


Definisi dan Tipe  Aktifitas Belajar

Aktivitas Belajar

a. Pengertian Aktivitas Belajar
Menurut Poerwadarminta (2003:23), aktivitas adalah kegiatan. Belajar menurut Dimyati dan Mudjiono (1999:7) merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks. Menurut Sadirman (1994:24) menyatakan:"'Belajar sebagai suatu interaksi antara diri manusia dengan lingkungan yang mungkin terwujud pribadi, fakta, konsep ataupun teori". Jadi aktivitas belajar adalah kegiatan-kegiatan siswa yang menunjang keberhasilan belajar yang merupakan interaksi antara siswa dengan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam hal kegiatan belajar, Rousseuau (dalam Sardiman 2004:96) memberikan penjelasan bahwa segala pengetahuan itu harus diperoleh dengan pengamatan sendiri, penyelidikan sendiri, dengan bekerja sendiri baik secara rohani maupun teknis. 

b. 8 Kelompok Tipe Aktivitas Belajar
Paul B.  Diedrich dalam Sardiman (2004: 101) membuat suatu daftar yang berisi 177 macam kegiatan/aktifitas belajar siswa yang digolongkan ke dalam 8 kelompok :
  1. Visual Activities, meliputi kegiatan seperti membaca, memperhatikan (gambar, demonstrasi, percobaan dan pekerjaan orang lain)
  2. Oral Activities, seperti : menyatakan, merumuskan, bertanya, memberi saran, mengeluarkan pendapat, mengadakan wawancara, diskusi, dan interupsi.
  3. Listening Activities, seperti : mendengarkan uraian, percakapan diskusi, musik dan pidato.
  4. Writting Activities, seperti : menulis cerita, menulis karangan, menulis laporan, angket, menyalin, membuat rangkuman.
  5. Drawing Activities, seperti ; menggambar, membuat grafik, peta, diagram.
  6. Motor Activities, seperti : melakukan percobaan, membuat konstruksi, model, mereparasi, bermain dan berternak.

Selasa, 27 November 2012

Materi PLSV


Materi PLSV

PLSV (PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL)
PERNYATAAN
Kalimat yang dapat ditentukan nilai kebenarannya (bernilai benar atau salah)
Contoh :
1. Jakarta adalah ibukota Indonesia  (benar)
2. 8 + 2 = 10  (benar)
3. Kucing mempunyai 4 kaki  (benar)
4. Candi Borobudur terletak di Jawa Barat  (salah)
5. 3 x 2 = 8  (salah)
6. Banyak rakaat sholat maghrib adalah 4 (salah)

1)      Rasa buah mangga manis sekali  (bukan pernyataan)
2)      Rajinlah belajar supaya menjadi anak yang pintar (bukan pernyataan)
       Disebutbukan pernyataan karena tidak dapat ditentukan nilai kebenarannya (benar atau
       salah).

KALIMAT TERBUKA
Kalimat yang memuat variabel dan belum diketahui nilai kebenarannya
Contoh: Solo terletak di provinsi “x”. Jika x diganti Jawa Barat maka bernilai salah dan jika diganti Jawa Tengah maka bernilai benar.

  Ø  Variabel : lambang/simbol pada kalimat terbuka yang dapat diganti oleh sebarabg anggota
                             himpunan yang telah ditentukan, misal: x, p, a, r
  Ø  Konstanta : nilai tetap/tertentu yang terdapat pada kalimat terbuka, misal: x + 7 = 2, maka 7
                                dan 2 adalah konstanta

PLSV
Kalimat terbuka yang dihubungkan tanda “=”disebur persamaan.
PLSV :  kalimat terbuka yang dihubungkan tanda “=” dan hanya mempunyai satu variabel,
              berpangkat satu atau berderajat satu.
Bentuk umum PLSV: ax + b = 0, a ≠ 0
Contoh:
1. a + 2 = 7   PLSV karena mempunyai satu variabel dan berpangkat satu
2. 2p = 6      PLSV karena mempunyai satu variabel dan berpangkat satu
3.  x2 – 3x + 3 = 0  bukan PLSV karena terdapat x yang berpangkat 2
4. 2x + 4 < 10       bukan PLSV karena tidak dihubungkan tanda “=”

Selasa, 20 November 2012

Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok adalah harapan....
Jangan pernahh terpaku pada sesuatu di waktu lampau...Karena hal itu akan membuat hanya berjalan ditempat,tidak akan bergerak maju untuk mengejar mimpi mu....
Apa yang terjadi di waktu lampu jadikanlah sebagai cerminan  dalam melangkah sekarang....Jadikanlah sebagai pengalaman dan pelajaran yang berharga untukmu...
Hadapilah harimu dengan tersenyum....Akan selalu ada orang-orang disekitar mu yang mendukung dan tersenyum untukmu...Hargailah orang-orang yang yang menyayangi dan membuat mu tersenyum dalam hidupmu dengan menunjukkan pada dunia bahwa i can do it.....
Orang yang menyakitimu, dialah yang akamn menyembuhkanmu...Orang yang merendahkanmu,dialah yang meninggikanmu....
Tersenyumlah wahai kawanku.....Sambut hari esok dengan semangat baru....