PEMBELAJARAN
TIPE STAD
A. Pengertian Pembelajaran Tipe STAD
Pembelajaran
kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) yang dikembangkan oleh
Robert Slavin dan teman-temannya di Universitas John Hopkin (dalam Slavin,1995)
merupakan pembelajaran kooperatif yang paling sederhana,dan merupakan
pembelajaran kooperatif yang cocok digunakan oleh guru yang baru mulai
menggunakan pembelajaran kooperatif.
Student
Team Achievement Divisions (STAD) adalah salah satu tipe pembelajaran
kooperatif yang paling sederhana.Siswa ditempatkan dalam tim belajar
beranggotakan empat orang yang merupakan campuran menurut tingkat
kinerjanya,jenis kelamin dan suku.Guru menyajikan pelajaran kemudian siswa
bekerja dalam tim untuk memastikan bahwa seluruh anggota tim telah menguasai
pelajaran tersebut.Akhirnya seluruh siswa dikenai kuis tentang materi itu
dengan catatan,saat kuis mereka tidak boleh saling membantu.Tipe pembelajaran
inilah yang akan diterapkan dalam pembelajaran matematika.
Model
Pembelajaran Koperatif tipe STAD merupakan pendekatan Cooperative Learning yang
menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi
dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi
yang maksimal.Guru yang menggunakan STAD mengajukan informasi akademik baru
kepada siswa setiap minggu mengunakan presentasi Verbal atau teks.
B. Keunggulan Model
Pembelajaran Tipe STAD
Keunggulan dari metode pembelajaran kooperatif tipe
STAD adalah adanya kerja sama dalam kelompok dan dalam menentukan keberhasilan
kelompok tergantung keberhasilan individu, sehingga setiap anggota kelompok
tidak bisa menggantungkan pada anggota yang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar