Halaman

gelembung

Little Bunny


Selasa, 18 Desember 2012

Pengertian Strategi Belajar Mengajar


Pengertian Strategi Belajar Mengajar

           Strategi menurut New Vebster Dictionary diartikan sebagai “cara-cara melaksanakan proyek = cara dalam mencapai suatu tujuan = metode dan juga diartikan sebagai rencana (plan).
Menurut J.R David (1976), strategi diartikan a plan method or series of actievies a particular educational goal.Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didisain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (J.R. David dalam  Sanjaya, 2008:126). 
Strategi pembelajaran menurut Kozna (1989) diartikan sebagai setiap kegiatan yang dipilih, yaitu yang dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada peserta didik menuju tercapainya tujuan pembelajaran tertentu.
Adapun pengertian yang lain menurut Gerlach dan Elly (1980), strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan metode pembelajaran tertentu. Selanjutnya dijabarkan oleh mereka bahwa strategi pembelajaran yg dimaksud meliputi sifat lingkup dan urutan kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar peserta didik.
Strategi pembelajaran terdiri atas seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Strategi pembelajaran bukan hanya terbatas prosedur atau tahapan kegiatan belajar saja,melainkan termasuk juga pengaturan materi atau paket program pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik (Dick dan Carey(1990)).
Dalam buku yang lain Gropper (1990) mengatakan bahwa strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.Ia menegaskan bahwa setiap tingkah laku yang harus diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya yang harus dapat dipraktekan.
Kemp (1995) berpendapat lain, Strategi Belajar Mengajar adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
Berdasarkan pendapat diatas, strategi belajar mengajar adalah cara yang yang digunakan dalam kegiatan atau proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar