FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
1. Tujuan
pengajaran
Tujuan
ini merupakan faktor pertama yang mempengaruhi pemilihan strategi yang akan
dilaksanakan. Menurut Bloom tujuan
pengajaran meliputi tiga kawasan belajar yaitu:
a. Tujuan Kognitif (kemampuan
atau pengetahuan)
Yaitu
berkaitan dengan perubahan tingkah laku dari berbagai proses mental
b. Tujuan Afektif
Tujuan
afektif ini bertujuan untuk mengarahkan siswa pada usaha pencapaian pada minat,
perasaan, emosi, dan sikap.
c. Tujuan Psikomotor
Ini
berhubungan dengan keterampilan otot, termasuk didalamnya gerakan, cara-cara
memanipulasikan obyek atau tindakan yang memerlukan pengkoordinasian otot.
2. Bahan
Pelajaran
Bahan
pelajaran adalah substansi yang akan disampaikan dalam proses belajar mengajar
yang materinya pasti dimiliki dan dikuasai oleh guru sebelum disampaikan kepada
anak didik. Persoalan dalam penguasaan bahan pelajaran ini yakni penguasaan
bahan pelajaran pokok dan pelengkap. Bahan pelajaran pokok yaitu yang
menyangkut bidang studi sesuai dengan profesi guru tersebut. Sedangkan bahan
pelajaran pelengkap dapat membuka wawasan seorang guru dalam mengajar untuk
menunjang penyampaian bahan pelajaran pokok.
3. Metode
Metode
merupakan cara yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Menurut Syaiful Bahri Djamarah, 1991 :17
: Seorang guru tidak akan dapat melaksanakan tugasnya bila dia tidak menguasai
satu pun metode mengajar yang telah dirumuskan dan dikemukakan para ahli
psikologi dan pendidikan.
Guru
dituntut agar dapat membuat suasana yang meyenangkan dalam proses belajar
mengajar. Dalam proses belajar mengajar tersebut guru dapat menggunakan
beberapa variasi metode belajar. Kompetensi guru sangat diperlukan dalam
pemiihan metode yang tepat. Pemilihan dan penggunaan metode yang bervariasi
tidak selalu menguntungkan bila seorang guru mengabaikan faktor-faktor yang
mempengaruhi penggunaannya. Menurut Prof.
Dr. Winarno Surakhmad, M. Sc. Ed menjelaskan lima faktor yang mempengaruhi
penggunaan metode belajar,
yaitu:
a.
Tujuan yang
bermacam-macam jenis dan fungsinya
b.
Anak didik yang
bermacam-macam tingkat kematangannya
c.
Situasi yang
bermacam-macam keadaanya
d.
Fasilitas yang bernacam-macam
kualitas dan kuantitasnya
e.
Pribadi guru dan
kemampuan profesionalnya yang berbeda-beda.
4. Fasilitas
Fasilitas
mengambil peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan strategi pembelajaran
dalam rangka mencapai tujuan
pembelajaran yang di harapkan. Fasilitas meliputi peralatan, ruangan dan bahan.
Misalnya suatu strategi yang menggunakan metode ceramah untuk kelas besar
memerlukan ruangan yang cukup tetapi hanya memerlukan sumber dan fasilitas lain
yang sedikit. Beda dengan kegiatan praktek laboratorium akan lebih banyak memerlukan
peralatan dan bahan yang banyak , begitu pula diperlukan ruangan yang memadai.
Untuk itu pemilihan strategi dan metode sanagt tergantung juga pada
ketersediaan alat dan bahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar