Halaman

gelembung

Little Bunny


Minggu, 23 Desember 2012


FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

1.    Tujuan pengajaran
Tujuan ini merupakan faktor pertama yang mempengaruhi pemilihan strategi yang akan dilaksanakan. Menurut Bloom tujuan pengajaran meliputi tiga kawasan belajar yaitu:
a.       Tujuan Kognitif (kemampuan atau pengetahuan)
Yaitu berkaitan dengan perubahan tingkah laku dari berbagai proses mental
b.      Tujuan Afektif
Tujuan afektif ini bertujuan untuk mengarahkan siswa pada usaha pencapaian pada minat, perasaan, emosi, dan sikap.
c.       Tujuan Psikomotor
Ini berhubungan dengan keterampilan otot, termasuk didalamnya gerakan, cara-cara memanipulasikan obyek atau tindakan yang memerlukan pengkoordinasian otot.

2.    Bahan Pelajaran
Bahan pelajaran adalah substansi yang akan disampaikan dalam proses belajar mengajar yang materinya pasti dimiliki dan dikuasai oleh guru sebelum disampaikan kepada anak didik. Persoalan dalam penguasaan bahan pelajaran ini yakni penguasaan bahan pelajaran pokok dan pelengkap. Bahan pelajaran pokok yaitu yang menyangkut bidang studi sesuai dengan profesi guru tersebut. Sedangkan bahan pelajaran pelengkap dapat membuka wawasan seorang guru dalam mengajar untuk menunjang penyampaian bahan pelajaran pokok.

3.    Metode
Metode merupakan cara yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Menurut Syaiful Bahri Djamarah, 1991 :17 : Seorang guru tidak akan dapat melaksanakan tugasnya bila dia tidak menguasai satu pun metode mengajar yang telah dirumuskan dan dikemukakan para ahli psikologi dan pendidikan.
Guru dituntut agar dapat membuat suasana yang meyenangkan dalam proses belajar mengajar. Dalam proses belajar mengajar tersebut guru dapat menggunakan beberapa variasi metode belajar. Kompetensi guru sangat diperlukan dalam pemiihan metode yang tepat. Pemilihan dan penggunaan metode yang bervariasi tidak selalu menguntungkan bila seorang guru mengabaikan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaannya. Menurut Prof. Dr. Winarno Surakhmad, M. Sc. Ed menjelaskan lima faktor yang mempengaruhi penggunaan metode belajar, yaitu:
a.         Tujuan yang bermacam-macam jenis dan fungsinya
b.        Anak didik yang bermacam-macam tingkat kematangannya
c.         Situasi yang bermacam-macam keadaanya
d.        Fasilitas yang bernacam-macam kualitas dan kuantitasnya
e.         Pribadi guru dan kemampuan profesionalnya yang berbeda-beda.

4.    Fasilitas
Fasilitas mengambil peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan strategi pembelajaran dalam  rangka mencapai tujuan pembelajaran yang di harapkan. Fasilitas meliputi peralatan, ruangan dan bahan. Misalnya suatu strategi yang menggunakan metode ceramah untuk kelas besar memerlukan ruangan yang cukup tetapi hanya memerlukan sumber dan fasilitas lain yang sedikit. Beda dengan kegiatan praktek laboratorium akan lebih banyak memerlukan peralatan dan bahan yang banyak , begitu pula diperlukan ruangan yang memadai. Untuk itu pemilihan strategi dan metode sanagt tergantung juga pada ketersediaan alat dan bahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar