Definisi dan Tipe Aktifitas Belajar
Aktivitas Belajar
a. Pengertian
Aktivitas Belajar
Menurut Poerwadarminta (2003:23), aktivitas adalah kegiatan. Belajar
menurut Dimyati dan Mudjiono (1999:7) merupakan tindakan dan perilaku siswa
yang kompleks. Menurut Sadirman (1994:24) menyatakan:"'Belajar sebagai
suatu interaksi antara diri manusia dengan lingkungan yang mungkin terwujud
pribadi, fakta, konsep ataupun teori". Jadi aktivitas belajar adalah
kegiatan-kegiatan siswa yang menunjang keberhasilan belajar yang merupakan
interaksi antara siswa dengan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam
hal kegiatan belajar, Rousseuau (dalam Sardiman 2004:96) memberikan penjelasan
bahwa segala pengetahuan itu harus diperoleh dengan pengamatan sendiri,
penyelidikan sendiri, dengan bekerja sendiri baik secara rohani maupun
teknis.
b. 8 Kelompok Tipe
Aktivitas Belajar
Paul B. Diedrich dalam
Sardiman (2004: 101) membuat suatu daftar yang berisi 177 macam
kegiatan/aktifitas belajar siswa yang digolongkan ke dalam 8 kelompok :
- Visual Activities, meliputi kegiatan seperti membaca, memperhatikan (gambar, demonstrasi, percobaan dan pekerjaan orang lain)
- Oral Activities, seperti : menyatakan, merumuskan, bertanya, memberi saran, mengeluarkan pendapat, mengadakan wawancara, diskusi, dan interupsi.
- Listening Activities, seperti : mendengarkan uraian, percakapan diskusi, musik dan pidato.
- Writting Activities, seperti : menulis cerita, menulis karangan, menulis laporan, angket, menyalin, membuat rangkuman.
- Drawing Activities, seperti ; menggambar, membuat grafik, peta, diagram.
- Motor Activities, seperti : melakukan percobaan, membuat konstruksi, model, mereparasi, bermain dan berternak.
Casino - Dr. Dr.MCD
BalasHapusThe 창원 출장샵 first Casino 울산광역 출장안마 was created in the year 1893, by the American Gamblers Club of America. 부산광역 출장마사지 Casino. The Casino has 과천 출장안마 been in operation 태백 출장샵 since 1906.