Halaman

gelembung

Little Bunny


Minggu, 02 Desember 2012

Kemandirian Belajar Matematika


Kemandirian Belajar Matematika

Kemandirian Belajar Matematika
a.    Konsep Kemandirian
Independence (mandiri) secara umum menunjuk pada kemampuan individu untuk menjalankan atau melakukan sendiri aktivitas hidup terlepas dari pengaruh kontrol orang lain (Steinberg dalam Sutanto,2006). Menurut Lie dan Prasasti (dalam Maulidiyah, 2005:26), kemandirian adalah kemampuan untuk melakukan kegiatan atau tugas sehari-hari sendiri atau dengan sedikit bimbingan, sesuai dengan tahapan perkembangan dan kapasitasnya.
Menurut Watson dan Lindgren (1973) menyatakn bahwa kemandirian adalah kebebasan untuk mengambil inisiatif, mengatasi hambatan, gigih dalam usaha dan melakukan sendiri segala sesuatu tanpa bantuan orang lain.  Dalam pandangan Lerner (Budiman,2008:323) konsep kemandirian mencakup kebebasan bertindak, tidak tergantung kepada orang lain, tidak terpengaruh lingkungan dan bebas mengatur kebutuhan sendiri.
Menurut pendapat dari beberapa ahli diatas, kemandirian merupakan suatu  sikap atau perilaku  dan kemampuan seseorang  untuk melakukan aktifitas sendirian, adanya kebebasan dalam bertindak dan tidak tergantung pada orang lain.

b.    Konsep Kemandirian Belajar Matematika
Menurut Karnita (2007) berpendapat bahwa kemandirian belajar merupakan suatu keadaan atau kondisi aktifitas belajar dengan kemampuan sendiri tanpa  bergantung kepada orang lain, selalu konsisten dan bersemangat untuk belajar dimanapun dan kapanpun. Kemandirian belajar adalah aktifitas yang berlangsung lebih didorong oleh kemauan sendiri, pilihan sendiri dan tanggung jawab sendiri dari belajar (Setiawan,2004).
Schunk dan Zimmerman (1998) mendefinisikan kemandirian belajar sebagai proses belajar yang terjadi karena pengaruh dari pemikiran, perasaan, strategi, dan perilaku sendiri yang berorientasi pada pencapaian tujuan. Menurut Burtihan (1999) mengemukakan kemandirian belajar adalah perilaku siswa yang bebas dan bertanggung jawab dalam menentukan tujuan belajar, merencanakan dan melaksanakan, memelihara serta menilai hasil aktifitas belajarnya tanpa ada ketegantungan pada orang lain.
Berdasarkan pendapat diatas, kemandirian belajar adalah sikap dan kemampuan yang dimiliki siswa untuk melakukan kegiatan belajar secara mandiri atau sendiri dan bertanggung jawab guna mencapai suatu tujuan. Kemandirian belajar matematika adalah sikap dan kemampuan yang dimiliki siswa  dalam belajar matematika secara mandiri dan dengan sedikit bimbingan dari orang lain untuk menguasai suatu kompetensi dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar