Kemandirian Belajar
Matematika
Kemandirian
Belajar Matematika
a.
Konsep
Kemandirian
Independence (mandiri) secara umum menunjuk pada kemampuan individu
untuk menjalankan atau melakukan sendiri aktivitas hidup terlepas dari pengaruh
kontrol orang lain (Steinberg dalam Sutanto,2006). Menurut Lie dan Prasasti
(dalam Maulidiyah, 2005:26), kemandirian adalah kemampuan untuk melakukan
kegiatan atau tugas sehari-hari sendiri atau dengan sedikit bimbingan, sesuai
dengan tahapan perkembangan dan kapasitasnya.
Menurut Watson dan Lindgren (1973) menyatakn bahwa
kemandirian adalah kebebasan untuk mengambil inisiatif, mengatasi hambatan,
gigih dalam usaha dan melakukan sendiri segala sesuatu tanpa bantuan orang
lain. Dalam pandangan Lerner
(Budiman,2008:323) konsep kemandirian mencakup kebebasan bertindak, tidak
tergantung kepada orang lain, tidak terpengaruh lingkungan dan bebas mengatur
kebutuhan sendiri.
Menurut
pendapat dari beberapa ahli diatas, kemandirian
merupakan suatu sikap atau perilaku dan kemampuan seseorang untuk melakukan aktifitas sendirian,
adanya
kebebasan dalam bertindak dan tidak
tergantung pada orang lain.
b.
Konsep
Kemandirian Belajar Matematika
Menurut
Karnita (2007) berpendapat bahwa kemandirian belajar merupakan suatu keadaan
atau kondisi aktifitas belajar dengan kemampuan sendiri tanpa bergantung kepada orang lain, selalu
konsisten dan bersemangat untuk belajar dimanapun dan kapanpun. Kemandirian
belajar adalah aktifitas yang berlangsung lebih didorong oleh kemauan sendiri,
pilihan sendiri dan tanggung jawab sendiri dari belajar (Setiawan,2004).
Schunk
dan Zimmerman (1998) mendefinisikan kemandirian belajar sebagai proses belajar
yang terjadi karena pengaruh dari pemikiran, perasaan, strategi, dan perilaku
sendiri yang berorientasi pada pencapaian tujuan. Menurut Burtihan (1999)
mengemukakan kemandirian belajar adalah perilaku siswa yang bebas dan
bertanggung jawab dalam menentukan tujuan belajar, merencanakan dan
melaksanakan, memelihara serta menilai hasil aktifitas belajarnya tanpa ada
ketegantungan pada orang lain.
Berdasarkan
pendapat diatas, kemandirian belajar adalah sikap dan kemampuan yang dimiliki
siswa untuk melakukan kegiatan belajar secara mandiri atau sendiri dan
bertanggung jawab guna mencapai suatu tujuan. Kemandirian belajar matematika
adalah sikap dan kemampuan yang dimiliki siswa
dalam belajar matematika secara mandiri dan dengan sedikit bimbingan
dari orang lain untuk menguasai suatu kompetensi dan bertanggung jawab dalam
menyelesaikan tugas yang diberikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar